Kamis, 08 Desember 2011

Tips Memilih Souvenir Pernikahan

Tempat Pensil Bambu WAYANG
Souvenir Pernikahan keberadaannya saat ini bisa dikatakan sebagai pelengkap dalam acara pernikahan. Beragam dan berkembangnya berbagai model souvenir di pasaran, tentu memunculkan sedikit kebingungan dalam menentukan jenis souvenir pernikahan yang akan dipilih. Beberapa hal dalam menentukan souvenir pernikahan yang sesuai dengan tema di hari istimewa dapat dijadikan sebagai pertimbangan, yaitu:
 

1. Pertimbangan Tema

Dulu, acara pernikahan lebih menonjolkan pada segi adat dari masing-masing pasangan yang menikah. Namun kondisi saat ini sudah lebih berkembang. Selain menyesuaikan dengan adat dari calon pengantin, ternyata diwarnai pula oleh pernikahan yang tematik baik dari segi tempat atau venue acara, dekorasi ruangan, sampai pada busana pengantin hingga souvenir yang dihadirkan. Sebagai contoh, pemilihan venue di kebun dengan tema pesta kebun, pernikahan di dasar laut dengan tema penyelaman, pemilihan souvenir dari bahan daur ulang dengan tema peduli lingkungan, dan lain sebagainya. Meskipun pada dasarnya pernikahan yang diselenggarakan sudah sah secara agama, namun terkadang keinginan untuk menghormati dan memuliakan tamu yang hadir pengantin berusaha membuat acara resepsi dengan tema yang unik tapi tetap khidmat. 

2. Pertimbangan Ukuran

'Tidak ingin Ribet'. Ya, itulah yang sering dikatakan penggagas atau si empunya acara pernikahan dalam menentukan souvenir yang akan di pilih. Pun demikian dengan tamu undangan yang datang, sama-sama mengharapkan memberikan dan mendapatkan souvenir yang dari segi ukuran tidak merepotkan untuk dibawa-bawa. Hal ini dikarenakan, terkadang di sebagian acara pernikahan souvenir dibagi di awal, dengan ukuran souvenir yang kecil dan tidak berat tentu memudahkan tamu undangan untuk membawa souvenir tersebut sambil melanjutkan acara makan yang dihadirkan oleh tuan rumah.
 

3. Pertimbangan Fungsi dan Manfaat

Pilihlah Souvenir dimana orang yang menerima souvenir tersebut akan berpikir dua tiga kali untuk membuangnya karena menganggap souvenir tersebut memiliki fungsi guna maupun bermanfaat. Bagaimana dengan souvenir pernikahan yang tidak memiliki fungsi guna? Yup, diantaranya dapat berujung di tempat sampah karena sudah tidak memiliki tempat untuk disimpan lagi. Bentuk Unik dan Lucu saja terkadang dapat menarik minat calon pengantin untuk memiliki souvenir tersebut, tetapi belum tentu dapat bermanfaat. Carilah souvenir yang memiliki kombinasi Unik, Lucu, dan memiliki fungsi guna. Maka dari itu, pilih souvenir pernikahan yang bermanfaat dan berfungsi guna. Bisa sebagai celengan, tempat pensil, vas bunga, tempat perhiasan, tempat kartu nama, dan lain-lain, sehingga dapat menghiasi ruangan tempat tinggal kita.
Alangkah bagusnya jika Souvenir yang diinginkan bukan hanya Unik, Lucu, dan Berfungsi Guna, namun juga berasal dari Kerajinan yang berbahan daur ulang maupun bahan alami seperti daun kering, pelepah pisang, agel, mendong, kertas daur ulang, dan lain sebagainya. Sudah pasti bermanfaat dan mempunyai nilai kreativitas serta dapat mengurangi tingkat pertambahan sampah di sekitar kita. 

4. Pertimbangan Jumlah

Apa reaksi kita ketika kata-kata ini muncul, "Mohon maaf souvenir pernikahannya habis". Kecewa? Pastinya begitu. Tentu anda tidak ingin mengecewakan tamu yang telah rela datang memenuhi undangan kita dan pulang dengan tangan hampa kan? Maka diperlukan perhitungan yang tepat berkenaan dengan jumlah undangan yang disebar dengan jumlah souvenir yang di pesan.
Sedikit Berbeda dengan perhitungan antara Katering pernikahan dengan Souvenir Pernikahan. Kalau Katering Pernikahan biasanya perhitungannya adalah 1 undangan dihitung senilai dengan 2 porsi makanan atau 2 kalinya, sehingga apabila misalnya ada 100 undangan maka tuan rumah lebih kurang harus menyiapkan 200 porsi makanan. Sedangkan untuk Souvenir Pernikahan sedikit berbeda, tidak perlu sampai 2 kali dari jumlah undangan, cukup 1,5 kali dari undangan. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi ketika tamu undangan membawa semua keluarga kecilnya, karena biasanya ketika membawa anak kecil terdapat kecenderungan mereka meminta lebih dari satu souvenir.
 
5. Pertimbangan Harga
Souvenir Murah? Ya itu yang paling dicari. Tak jarang calon pengantin diawal menentukan dulu budget khusus untuk pembelian souvenir, sehingga batasan maksimal harga sudah ditentukan terlebih dahulu sebelum mereka mencari souvenir yang seperti apa yang diinginkan. Untuk anda yang budgetnya terbatas, murah itu sudah harga mati. Bahkan meskipun ada souvenir yg menarik hati di depan mata, tetapi harga sedikit diatas budget maka akan dilewatkan begitu saja tanpa perlu melirik kembali. Hehehe. Jika kondisi anda seperti diatas, maka solusinya adalah: Hunting souvenir jauh-jauh hari sebelum hari H, bisa sebulan atau 3 minggu sebelum hari H. Karena mencari souvenir Murah itu Banyak dan Gampang, tetapi Murah dan Berkualitas serta Bermanfaat itu yang butuh sedikit tambahan waktu dan kreativitas untuk mencari. Selain Hunting di daerah pusat souvenir, lakukan pula hunting dengan cara browsing souvenir di dunia maya atau internet dan rajin-rajinlah bertanya, jangan segan. Cara berikutnya, anda dapat berkonsultasi langsung ke pengrajin souvenir jika anda punya kreativitas atau ide sendiri yang ingin diwujudkan menjadi sebuah souvenir bagi pernikahan anda.
Sementara untuk anda yang budget untuk pembelian souvenir pernikahannya tidak dibatasi maka akan lebih mudah untuk memilih souvenir yang diinginkan. Hanya disarankan untuk memilih souvenir yang Lucu, Menarik, Unik namun memiliki Nilai Guna dan Bermanfaat, terlebih ramah lingkungan pula. Sehingga pada akhirnya nanti souvenir pernikahan anda dapat bermanfaat bagi tamu undangan, syukur-syukur dapat dijadikan hiasan di rumah mereka. Amat disayangkan jika souvenir kita cukup mahal, tetapi hanya berakhir di tempat penyimpanan atau gudang bahkan bisa di tempat sampah karena dirasa tidak bernilai guna. Semoga Bermanfaat dan Selamat Berburu Souvenir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar